Hubungan antara pemuda dan budaya di Indonesia sekarang mungkin bisa dibilang sudah terlalu renggang, banyak pemuda yang mungkin tidak ingin mencintai budayanya. Padahal budaya merupakan salah satu pengenal dan jati diri bangsa. Berpikir ke zaman sekarang pemuda lebih ingin memainkan/ memiliki apa- apa yang modern, ya arus globalisasi hampir saja menjadi tsunami yang bisa memakan dan menenggelamkan semua budaya- budaya di bangsa ini. Tapi itu hampir, ada sebagian kecil pahlawan yang sedang berjuang menyelamatkan apa yang telah diwariskan oleh leluhurnya. Sebagai pemuda sebenarnya kita harus bisa memainkan budaya kita, tapi cita- cita itu terlalu jauh untuk zaman sekarang, maka mulai lah untuk mencintai budaya setelah itu baru kita memainkannya. Cinta kita terhadap budaya pasti bisa menyelamatkan budaya. Jujur saya menulis ini setelah semua kejadian di mata saya melihat betapa besarnya budaya Indonesia.

Beberapa bulan yang lalu saya diharuskan mempelajari Wawasan Nusantara, tapi jujur saya tidak sanggup memahami semuanya, begitu besar Negeri ini, begitu banyak budaya Negeri ini, dan saya bisa menjamin bahwa tidak ada satu pun manusia di dunia ini yang mampu memahami semua hal tentang Negeri ini, baik dalam sejarah maupun budayanya. Lebih dari dua bulan yang lalu saya berkunjung ke Saung Angklung Udjo tempat untuk mempelajari budaya Sunda di kawasan Bandung, Jawa Barat. Rasa senang dan bangga menyelimuti jiwa saya, dengan dua mata saya melihat bagaimana pahlawan budaya sedang berjuang mempertahankan budayanya. Dan yang terakhir tadi malam saya melihat beberapa pemuda yang menggabungkan unsur modern dan tradisional, mereka disebut Wayang Hip Hop, hebat.

Jika ingin budaya ini tetap digambrungi pemuda maka promosikanlah budaya, kita pemuda sudah seharusnya melestarikan budaya, belajarlah mencintainya maka anda akan jatuh hati kepadanya, pemuda punya seribu cara untuk berbuat apa yang dia inginkan, maka pemuda yang mencintai budaya punya sepuluh ribu cara untuk melestarikan budayanya. Cintai, Selamatkan, atau Hilang. Kita Pemuda!

Tinggalkan Balasan

