saya yakin sangat sangat yakin kalau banyak diantara turutuwers yang gak tau apa itu WPAP tapi tau contohnya, mari saya kasih tau apa itu WPAP. oh iya sebelum di jelasin apa itu WPAP kita harus bisa bacanya, bukan we-pap tapi WE- PE- A- PE… (klo salah maaf)

WPAP itu singkatan dari :  WPAP = Wedhas Pop Art Potrait

WPAP adalah seni vektor asli Indonesia, kereng gila gak tuh. pembuat WPAP sendiri bernama  Wedha Abdul Rasyid ia adalah animator Lupus pada majalah Hai, menurut Wedha WPAP  merupakan salah satu seni pop art dengan cara tracing (menjiplak) foto untuk kemudian dibuat bidang-bidang yang tidak memakai kurva. Bidang-bidang tersebut selanjutnya diberi warna tersier yang dikelompokkan berdasarkan gelap terang warna.

“Nah, semua perbedaan tersebut sudah membentuk perbedaan ruang,” imbuhnya. WPAP yang pada awal kemunculannya bernama Foto Marak Berkotak (FMB) ‘mengharamkan’ penggunaan skin tonedan garis lengkung. Itulah yang menjadi ciri dan identitas WPAP. Bahkan Slamet Riyadi, seorang pecinta seni WPAP yang juga mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Institut Pertanian Bogor (IPB), mempunyai slogan ‘jangan ada kurva di antara kita’.

Bila kita bicara tentang nasionalisme, tentang kebanggaan akan budaya hasil karya cipta anak negeri, WPAP merupakan salah satu representasinya dalam bidang seni. Baik Wedha maupun komunitasnya ingin agar WPAP bisa diakui sebagai karya pop art asli Indonesia. Sebab dari sisi seni, Indonesia masih ‘dijajah’ bangsa lain, contohnya komik, manga, dan Marvel. “WPAP sebagai seni yang modern punya chance untuk memiliki nama di dunia, ujar gunawan salah seorang anggota komunitas WPAP.

 

klo mau liat contohnya searching aja yo di gooogle

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s