faktanya sekarang remaja banyak yang badannya sudah terkontabinasi dengan hal yang dinamakan minuman keras (Miras) ataupun minuman berakohol (Minol), biasanya mereka awalnya hanya mencoba karena rasa penasaran mereka yang makin menjadi- jadi. apalagi biasanya mereka ( peminum miras, minol) mengikuti lingkungannya yang mungkin peminum juga. maka dari itu sebenarnya faktor lingkungan sangat penting bagi masa depan remaja. jika ayahnya mungkin seorang peminum, maka anaknya kemungkinan akan menjadi peminum juga, karena sudah sejak kecil dikenalkan dengan apa yang namanya miras ataupun minol, Like father like son . Nah, seharusnya keluarga menuntun anaknya untuk tidak menyentuh miras dan minol, sekolah juga harus ikut mendukung orang tua. koordinasi antar keduanya akan membuat anak enggan meminum miras dan minol.

kembali ke permasalahan utama bahwa sekarang remaja sudah sangat mudah menemukan miras dan minol, lihat supermarket maupun minimarket sudah sangat banyak minol yang dijual. seharusnya miras dan minol tidak boleh dijual di dekat sekolah, tapi faktanya minimarket dekat sekolah saya menjual minol. dengan harga yang tidak terlalu mahal, minol bisa sangat dibeli oleh anak sekolahan dengan KTP orang lain.

sebenarnya alkohol mengandung Etanol, Etanol merupakan bahan psikoaktif yang bisa menyebabkan turunnya kesadaran. selain itu alkohol bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga lebih mudah tekenal virus HIV. parahnya Alkoholik bisa mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol, yang membuat mereka takut dan gelisah jika dilepaskan dengan alkohol. ya sama lah dengan Narkoba maupun rokok.

ya sebagai anak berusia 14 tahun simplenya saya tahu bahwa miras dan minol itu haram, tidak baik bagi badan, dan merugikan diri sendiri, bahkan orang lain. tapi jujur saya rasa pemahaman masyarakat tentang miras dan minol masih kurang, banyak yang tidak tahu apa bahayanya. banyak yang bilang asal tidak banyak kandungan alkoholnya ya tidak masalah dan alibi alibi lainnya. sebenarnya yang mengerikan orang yang tidak paham tentang bahaya miras dan minol mengajak masyarakat lingkungannya untuk ikut meminum   bahkan mengajak remaja- remaja di sekitarnya, itu yang disebut merugikan orang lain.

sebagai remaja yang paham tentang miras dan minol saya dan remaja lain di seluruh Indonesia pastinya terus berusaha menyebarluaskan bahaya miras dan minol, apalagi sekarang ada internet yang bisa di akses kapan saja dan dimana saja. tinggal seluncuran di dunia maya sebentar anda akan tahu apa bahayannya. menurut saya peran pemerintah untuk memberantas miras dan minol masih kurang, seharusnya minol atau miras tidak dijual bebas di pasaran berapa pun banyak kandungan alkoholnya. saya yakin jika terus seperti ini akan makin banyak remaja malang yang secara tidak sadar meminumnya.

akhir kata, selamatkan mereka dari alkohol. mereka punya masa depan yang cerah, jangan sampai hancur karena minuman.

“jika tidak biasa, mereka tidak akan mengenalnya, jangan rusak remaja dengan minuman”

 

 

 

4 responses »

  1. Victor Valiente mengatakan:

    Wow, incredible blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your web site is fantastic, as well as the content!. Thanks For Your article about Jangan Rusak Remaja dengan Minuman | Turutuw .

  2. anehnya, masih ada aja yg menegak miras walau tahu bahayanya seperti apa. sekecil apapun usaha, walau dg tulisan, penyebaran miras yg tidak sehat harus dilawan. kalo tidak hari ini, kapan lagi. salam dan sukses. ditunggu kunjungan baliknya di jejakbersekolah.blogspot.com/2013/06/jejak-kiemas-di-kelas-ituh.html

  3. Fahira Idris mengatakan:

    Sahabat Komunitas Pejuang #AntiMiras

    Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh,

    Dalam berbagai kesempatan dialog, diskusi dan pertemuan lainnya, kita sepakat untuk menjadikan Gerakan Nasional Anti Miras adalah sebuah Gerakan Massal Masyarakat atas kesadaran terhadap bahaya latent yang diakibatkan oleh minuman beralkohol (minol) dan minuman keras (miras), khususnya bagi Anak dan Remaja di bawah 21 tahun;

    Sehubungan dengan itu, kita akan melaksanakan Traning for Trainers yg akan dipandu oleh teman2 dari @KomunitasSM dan @AntiMiras_ID , pada:

    Hari/Tgl : Sabtu-Minggu 6-7 Juli 2013
    Jam TFT : 08’00-17’00 wib
    Tempat : Rumah Damai Indonesia
    Jl H Saabun No20, Jatipadang, Margasatwa Pasar Minggu, Jakarta Selatan

    kiranya Sahabat dapat mengirimkan minimal 2 orang calon peserta, yang terlebih dahulu akan diseleksi dari data yang diisi calon peserta melalui formulir:

    http://www.mediafire.com/download/vb9pcdaiphf5p2k/FormPendaftaranTrainer.pdf

    Keikut-sertaan Sahabat dalam upaya2 Gerakan Nasional Anti Miras, InsyaALLAH akan meningkatkan kesadaran semua stake holder terhadap bahaya minol dan miras, khususnya Pemerintah dalam mengendalikan penjualannya.

    Training for Trainers Pejuang #AntiMiras – bhadiah HP Android Samsung Galaxy CHAT http://chirpstory.com/li/93088

    #BlogPost Training for Trainers Pejuang #AntiMiras

    http://antimiras.com/2013/07/training-for-trainers-pejuang-antimiras/

    Salam Sehat #AntiMiras
    @fahiraidris

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s