Tidak bisa dipungkiri anak zaman sekarang sudah sangat berbeda dengan anak zaman 90an ataupun awal 2000an. Saya merasa beruntung karena saya lahir di tahun 98, ya saya masih bisa menikmati permainan daerah seperti gobak sodor, petak umpet, saya masih bisa menikmati rambut nenek, gulali yang seperti ayam, dan sebagainya. Suatu kesalahan dalam arus globalisasi yaitu hampir semua barang barang modern dipakai juga oleh anak anak dibawah 10 tahun. Berikut ini adalah hal hal yang salah mengenai anak zaman sekarang :
1. Hilangnya permainan daerah, dan munculnya game di gadget
Ya, sebagaimana saya telah tulis diatas banyak permainan daerah yang hampir hilang karena anak anak memilih permainan di gadget. Zaman sekarang lebih banyak anak yang bermain Angry Bird dibanding petak umpet, bermain Flappy Bird dibanding galasin dan permainan lainnya.
2. Game Online membuat anak anti-sosial
Game online permasalahan lama yang masih ada. Banyak anak anak yang lebih suka bermain game online, mereka hanya ada di depan komputer dan bermain. Hal seperti ini tidak baik jika dilakukan berlebih selain berdampak pada kesehatan anak, juga berdampak sangat buruk bagi pergaulan di dunia nyata karena mereka jarang bermain diluar
3. Media sosial tidak layak anak
Kita bisa lihat zaman sekarang di tv maupun radio berisikan konten konten yang sangat tidak mendidik, walaupun target penonton mungkin di kalangan dewasa tapi kita tidak bisa munafik bahwa pasti anak juga ikut menonton. Kita butuh acara edukasi yang mendidik, yang lebih lama tayangnya.
4. Orang tua seperti memberikan konten yang tidak sesuai
Ada kesalahan di orang tua, ketika mereka memberikan konten yang tidak seharusnya. Seperti menyuruh menonton sinetron bersama orang tuanya, ataupun hal lain. Hal disini membuat sang anak mengikuti kontennya, dan banyak konten yang negatif dan tidak sesuai dengan anak.
5. Lagu anak tersisih
Tidak bisa dipungkiri bahwa jelas lagu zaman sekarang sangat minim konten untuk anak. Dimana lagu abang tukang bakso, pelangi, balonku yang zaman dahulu sangat gandrungi anak anak? Sekarang anak anak disajikan lagu lagu remaja percintaan yang membuat sang anak seperti dicuci otak untuk besar lebih cepat dibanding umurnya.

Dari hal yang tadi mungkin adalah beberapa hal dari banyak hal yang bermasalah pada anak. Entah kenapa, Indonesia sekarang seperti menjadi negara tidak layak anak. Padahal anak adalah cikal bakal pembangun bangsa di masa depan. Ini adalah tugas kita untuk membangun Indonesia yang layak anak. Biarkan mereka tumbuh sesuai waktunya. Hidup Anak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s