Dari pada lo semua cuma ngeliatin timeline twitter mantan lo, dari pada lo cuma galau habis diputusin pacar lo, dari pada lo cuma ngeliatin foto orang yang sebenernya gak bakal lo dapetin, dari pada lo nulis tweet galau gak jelas, lebih baik lo baca postingan ini men.

yapp. kali ini  Bang Oncom bakal ngejelasi tentang ngejaga lingkungan, di tahun- tahun belakangan ini sangat berkembang isu pemanasan global atau global warming, pemanasan global sendiri adalah kenaikan suhu rata-rata atmosfer, dan  permukaan air di bumi. pemanasan global itu sendiri masih terus berkembang pesat sampai sekarang. penyebab- penyebab pemanasan global si kaya makin banyaknya asap pabrik, banyak limbah yang dibuang ke sungai, bahkan ke hal- hal yang sepele kaya malasnya buang sampah di tempatnya, atau malasnya menggunakan alat transportasi umum dan sepeda.

dan di hal- hal sepele itu lah, lo sebagai kawula muda bisa ikut serta dan berpartisipasi buat ngejaga linkungan. lo gak harus buat demo di depan pabrik, lo gak harus bersihin sepanjang aliran sungai. tapi lo harus ngelakuin hal- hal kecil yang berkontribusi besar bagi bumi ini. simak baik- baik.

1. Buang Sampah di Tempatnya

Gak usah repot- repot, gak usah makin ribet, gak usah stress sambil jungkir balik. lo buang sampah di tempatnya aja udah bisa nyelamatin bumi ini. pisahin juga sampah- sampah yang lo buang ke tempatnya masing- masing. organik buat sampah yang hijau atau dulunya hidup contohnya daun, anorganik buat sampah yang berasal dari benda mati kaya plastik, sampah B3 baut bahan yang berbahaya dan beracun kaya baterai.

2. Pakai Kendaraan Non-Bahan Bakar

yapp, kendaraan yang gak pakai bahan bakar juga bisa nyelamatin dunia, contoh kendaraan itu adalah sepeda. dari pada sepeda lo dirumah cuma mampang dengan ban kempesnya dan dengan debu- debu di sekitarnya, mendingan lo pakai men baut ngejaga bumi ini. oh iya, maksud gak pakai kendaraan bermotor disini bukan artinya lo balik ke zaman primitif tanpa kendaraan bermotor. tapi lo cuma meminimalisir kegiatan dengan memakai kendaraan berbahan bakar yang biasa lo lakuin.

3. Pakai Kendaraan Umum

2012 men, naik kendaraan udah kece sekarang, gak usah malu- malu. dibanding lo naik kendaraan pribadi masih muliaan naik kendaraan umum men. waktu itu Bang Oncom pernah ditanya “kenapa pakai kendaraan umum lebih mulia dibanding kendaraan pribadi, bukannya emisi gas yang dikeluarin sama aja?”, hahahah, oke, kenapa pakai kendaraan umum lebih mulia? karena di kendaraan umum bisa lebih banyak orang yang masuk di banding kendaraan pribadi dengan pengeluaran emisi gas yang sama. contohnya aja lo punya mobil pribadi mau ke bandung, dengan nyetir sendiri, nah coba kalo lo naik bus dengan bisa muat banyak, dengan emisi yang dikeluarin sama aja dengan kendaraan pribadi. misalnya bus itu muat 50 orang dan misalnya 50 orang itu pakai kendaraan pribadi, dan coba aja 50 orang itu dimasukin ke kendaraan umum. berarti emisi gas yang dikeluarin sama seperti 1 orang yang naik mobil pribadi.

 

 

oke 3 cara itu yang menurut Bang Oncom sangat mudah lo lakuin sebagai pemuda baik- baik. so mulai berubah sekarang dan semangat menjaga bumi.

 

 

Tinggalkan komentar